Dalam dunia
bisnis, baik bisnis mikro maupun makro, memiliki pelanggan setia sangatlah
penting untuk mendapatkan pemasukan dalam jangka Panjang serta menekan biaya
pemasaran. Jika pelanggan menyukai kunjungan ke toko anda, mereka akan berbagi
pengalaman dengan orang lain. Promosi secara langsung seperti sales dari mulut
ke mulut adalah salah satu cara sukses terbaik untuk merujuk kepada
perkembangan bisnis anda.
Selain itu menarik
pelanggan juga bisa memanfaatkan social media. Untuk membuat pelanggan nyaman, puas
dan selalu berbelanja kembali ke toko anda tidaklah sulit, dibutuhkan suatu
usaha yang sungguh-sungguh. Anda juga bisa menggunakan software retail
Indonesia pada toko anda untuk proses distribusi berbagai macam produk yang
dibutuhkan oleh masyarakat. Berikut beberapa cara agar pelanggan selalu ingat
dan kembali ke toko anda :
1.
Kenali kebutuhan pelanggan
Apa
saja sebenarnya barang yang dibutuhkan oleh pelanggan anda? Untuk memecahkan
situasi tersebut, anda dapat menanyakan secara langsung dalam suasana yang
santai agar pelanggan tidak merasa seperti diinterogasi, mendengarkan curhat
pelanggan mengenai kualitas yang mereka inginkan dari bisnis anda
2.
Berikan bonus pada pelanggan
Umumnya
para pelanggan akan merasa senang jika mereka mendapatkan bonus maupun saat
berbelanja. Anda harus senantiasa berpikir dan mengembangkan system bonus
kepada pelanggan secara kreatif. Misalkan, belanja lima kali akan mendapatkan
bonus minyak goreng, dsb. Sehingga mereka akan kembali dan kembali lagi untuk
mendapatkan bonus tersebut.
3. Bangun
komunikasi secara teratur dengan pelanggan anda
Hubungan
dan komunikasi yang baik dengan pelanggan akan membuat pelanggan menyukai
kunjungan ke toko anda. Komunikasi bisa secara langsung maupun melalui social
media atau bahkan melalui telepon langsung. Selain itu gunakan Bahasa yang
mudah dipahami oleh pelanggan
4.
Berani tampil beda
Mungkin
saja pesaing bisnis anda menawarkan produk dan layanan tertentu. Namun jangan
sekedar ikut-ikutan. Anda perlu menciptakan sesuatu yang bisa membedakan toko
anda dengan yang lain misalkan pada toko anda terdapat software inventory
barang, software retail online untuk membedakan dan mempermudah pelanggan
mencari produk yang mereka inginkan.
Nahhh, itu tadi beberapa tips cara agar pelanggan selalu
ingat dan kembali ke toko anda. Jika anda setia menabur kenyamanan kepada
pelanggan anda, maka suatu saat akan menuai kesetiaan pelanggan pula.
Komentar
Posting Komentar